Jumat, 26 Agustus 2011

manfaat puasa bagi perut untuk optimalisasi kesehatan rohani dan jasmani

 Berpuasa memang hal yang tidak asing lagi bagi kita terutama umat beragama .Banyak macam puasa diantaranya tidak makan dan minum ,ini puasanya perut.Tidak tidur ini puasanya mata.Tidak bicara ,ini puasanya lisan.

Tetapi hal yang akan kita bahas kali ini tentang puasanya perut.Mengapa perut kok perlu berpuasa?Jawabanya adalah:
1.Ibarat mesin penggilingan bila diporsir kerja terus menerus akan cepat rusak.Oleh sebab itu perlu ada jeda relaksasi usus untuk menggiling sisa -sisa lemak yang ada diperut kita,biar tidak menumpuk.
2.Banyak sekali sampah yang menjadi sumber penyakit yang mengendap diperut kita.Jika kita terus jejali maka lama kelamaan perut kita akan menjadi sarang penyakit yang akan menggrogoti organ tubuh kita yang lain.Dengan menghentikan sementara pasokan virus dalam usus akan memperingan kerja anti body maupun penetral racun dalam tubuh sehingga hasilnya lebih optimal.
3.Sebenarnya isi perut kita yang ideal adalah terdiri dari tiga :makanan,air dan udara.Tetapi pada kenyataanya makanan dan air lebih dominan dengan jumlah yang menjadi kapasitas perutkita.Udara sebagai sumber oksigen dengan ruang yang sempit membuat ruang gerak usus tidak maksimal.Dengan berkurangnya jumlah makanan dan air dalam tubuh maka udara bisa lebih leluasa bergerak memberikan oksigen bagi tubuh kita.
4.Sumber penyakit terbesar ternyata berada diusus,asalya adalah dari makanan dan minuman .Dengan menghentikan sementara sumber penyakit akan mengurangi penyakit yang kita derita.Inilah kunci mengapa orang kuno dulu lebih berbadan sehat hingga lanjut usia dibanding orang sekarang.Karena kekurangan makanan membuat mereka lebih berhemat untuk mengisi perutnya.
  Mungkin masih banyak hal lain yang perlu kita kaji,tetapi sedikit uraian diatas setidaknya akan menjadi panduan kita untuk lebih menghemat bahan pangan untuk kesehatan kita pribadi.sekian.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar